Festival Budaya KotoBaru Basinggang di Balai Balai

 

Sumbar.Tanah Datar. Infosatelitnews.com–Pelaksanaan Acara Budaya Basinggang yang diadakan di Nagari Koto Baru ,Progul Satu Nagari Satu Event (SNSE) merupakan salah satu program unggulan yang digagas dan dilaksanakan untuk memberikan berbagai manfaat, seperti pelestarian adat dan budaya serta pergerakan perekonomian masyarakat di nagari. 

Hal ini disampaikan Bupati Eka Putra saat membuka secara resmi Festival Budaya Koto Baru “Basinggang” di Balai-balai Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab, Selasa (17/9/2024). 

Program Unggulan Satu Nagari Satu Event menjadi momentum dan memotivasi ninik mamak menularkan ilmu adat dan istiadat kepada anak kemenakan, bundo kanduang menampilkan kuliner khas nagari masing-masing sampai perputaran roda ekonomi dengan hadirnya pasar kuliner di lokasi event.

ditambahkan Bupati Eka Putra, dengan berbagai potensi generasi muda di bidang kesenian, tentunya juga akan menumbuhkembangkan sanggar-sanggar tari dan seni di nagari. 

“Seperti yang ditampilkan hari ini, Saya menyaksikan anak-anak muda menampilkan tari kolosal singgang dan juga ada fashion marapi art yang baru pertama kali Saya saksikan pada Satu Nagari Satu Event. Ini tentu harus diapresiasi dan tari kolosal layak di tampilkan di Istano Basa Pagaruyung di Desember nanti terangnya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Nagari, Panitia Pelaksana, perantau, tokoh masyarakat dan juga masyarakat Nagari Koto Baru yang telah melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event. 

Di kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan program terbaru yakni Tanah Datar Sehat, Merdeka Berobat, yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Tanah Datar. 

Kita telah melaksanakan program berobat gratis di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar dan bahkan dirujuk ke RS lainnya tetap akan di biayai pemerintah alias gratis. Dan juga, kita akan membantu pelunasan tunggakan BPJS bagi masyarakat Tanah Datar yang sakit. Ini semua bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kita yang sakit, bagi yang sakit jangan manfaatkan program ini,” tukasnya. 

Sebelumnya Panitia Pelaksana Syahrial menyampaikan, semua pihak dan masyarakat sangat mendukung Progul Satu Nagari Satu Event agar terlaksana di Nagari Koto Baru selama 3 hari ke depan. 

“Satu Nagari Satu Event Nagari Koto Baru kita angkat dengan tema Festival Koto Baru Basinggang, yang semua telah kita persiapkan selama 70 hari. Terima kasih dukungan pak Bupati, tim kurator, pemerintah nagari dan seluruh masyarakat dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” sampainya. 

Sementara Wali Nagari Koto Baru Nafri menyampaikan, Pemerintah Nagari Koto Baru sangat mendukung terlaksananya Progul Satu Nagari Satu Event. 

“Kita melaksanakan event dengan tema Festival Koto Baru Basinggang yang dilaksanakan hari ini sampai tiga hari ke depan dengan berbagai kegiatan seperti arak- arakan 1000 singgang ayam, makan bajamba jo singgang, tari kolosal singgang, marapi fashion art, tabligh akbar, Koto Baru Bersalawat, Koto Barh Berzikir, rafa’i geleng, randai, silek tradisional, silek laga, pementasan seni anak nagari, pawai bundo kanduang dan stan kuliner dan UMKM,” pungkasnya. 

Dalam acara turut hadir kepala OPD di lingkup Pemkab Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Sungai Tarab,  bersama Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab, KAN Koto Baru, BPRN, tokoh masyarakat, perantau dan undangan lainnya, Bupati lakukan marosok tradisi jual beli kulit manis, meninjau proses pembuatan Singgang Ayam, makan bajamba Singgang ayam dan tinjau stan kuliner dan UMKM. (hs)

Share:

Array

Komentar:

Berita Lainnya